EO Company MeetingEO Employee GatheringEO Outbound / Team BuildingEO TrainingMaster Trainer Soft-SkillSharing Idea

Terobosan baru oleh Jasa Event Organizer sebagai EO Outbound di Jakarta

Terobosan baru oleh Jasa Event Organizer sebagai EO Outbound di Jakarta, hubungi 08111913355, 0815148946767, Mengemas Training soft-skill dalam bentuk outbound.

Kata outbound sudah sering didengar bahkan banyak orang yang merasa sudah mengerti dengan istilah ini, padahal bila ditanya apa maknanya, sering di jawab yaitu games yang fun atau flying fox, memang benar saat ini istilah outbound atau kegiatan belajar diluar ruangan sedang mengalami devaluasi makna. Padahal ditangan seorang Master trainer Soft skill, outbound bisa menjadi sarana training dalam suasana yang fun dan memberdayakan.

Belum lama ini tim Jasa Event Organizer Jakarta mendapat permintaan oleh klien sebuah perusahaan consumer good untuk melakukan kegiatan training untuk level supervisor keatas, topiknya cukup menarik yaitu Transformational Leadership atau bagaimana menjadi leader yang mampu membawa perubahan.

 

jasa-event-organizer

 

Inilah terobosan yang terjadi, program dirancang dengan teknologi MindPower untuk dua hari dan lokasi training di lakukan diluar kantor tepatnya didaerah Caringin Bogor kira-kira dua jam perjalanan dari jakarta, nama tempatnya adalah Vila Bukit Pancawati yang berkonsep resort dan relatif masih baru, namun memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai untuk kegiatan didalam ruangan dan dilapangan.

Materi training dirancang untuk satu hari dikelas dan hari berikutnya diluar kelas dalam bentuk outbound, namun jelas bukan konsep outbound yang ada  dibenak anda saat ini, karena games yang dipilih tepatnya disebut simulasi bisnis ini disesuaikan untuk mengimplementasi proses pembelajaran dihari sebelumnya.

 

jasa-event-organizer

 

Sebagai contoh untuk seorang leader harus memiliki visi atau tujuan yang jelas dan dikomunikasikan dengan cara yang tepat agar bisa diterima tidak hanya oleh pikiran namun juga oleh hati pengikutnya, artinya diterima secara rasional dan emosional, hanya dengan cara inilah perilaku dapat dimunculkan.

Bagaimana membuat games yang berisi konten diatas, pada kegiatan kali ini digunakan teknik visual Anchoring, peserta diberi selembar kertas putih dan alat tulis kemudian diharuskan membuat gambar sesuai perintah yang diberikan secara bersama-sama dalam keadaan mata tertutup dan kertas diletakan didepan wajah.

Apa yang terjadi? hampir semua peserta menggambar dengan berantakan, tidak ada satupun yang benar, meskipun mereka semua kompeten untuk mengerjakan gambar sesuai dengan perintah yang diberikan, mengapa hal ini bisa terjadi? apakah karena komunikasinya yang tidak jelas? ataukah ketidak mampuan melaksanakan tugas atau perintahnya salah? ataukah karena hal lain?

Semua pertanyaan ini bila dikembalikan kepada peserta, semua kompak menjawab bahwa perintahnya sangat jelas, tugas yang diberikan juga bisa dilakukan oleh setiap peserta dan mereka juga merasa yakin mampu mengerjakan tugas, namun mengapa hasil gambarnya berantakan tidak berbentuk sama sekali.

Inilah jawabanya karena sejak awal hanya diberikan perintah mengerjakan tugas tanpa diberikan apa tujuan akhir dari tugas itu, artinya tidak ada gambaran besar yang dapat dikerjakan bersama, sehingga masing-masing mempersepsikan sesuai dengan pemahamannya, kesimpulannya adalah tujuan yang jelas sejak awal adalah penting.

Kelihatannya hal ini sepele namun justru terjadi sehari-hari, banyak klien mengundang EO untuk melakukan outbound misalnya, tapi pada saat diskusi mereka lebih sibuk dengan memilih gamesnya seperti apa, seru gak, fun, ingin memilih games yang baru yang belum pernah dimainkan.

Kalaupun ditanya apa tujuan melakukan kegiatan outbound, biasanya dijawab ringan saja, untuk meningkatkan kerjasama, kekompakan dan komunikasi, bagi yang mengerti pasti tertawa mendengar jawaban ini, karena pada dasarnya setiap games apapun bentuknya apapun jenisnya selama dimainkan dalam group sudah pasti akan ada komunikasi, kekompakan dan kerjasama.

Banyak orang rancu antara proses dan tujuan, lebih senang menjawab proses daripada tujuan, seperti contoh  games diatas, semua prosesnya dilakukan dengan benar, setiap orang kompeten mengerjakan tugas yang diberikan, tapi tetap saja hasilnya tidak seperti yang diharapkan, Lupa bahwa visi dan tujuan adalah salah satu elemen penting dari perekat kebhinekaan dalam sebuah team.

Contoh games dalam leadership untuk sebagai change agent adalah dengan memberikan tantangan kepada setiap kelompok untuk mencapai tujuan dengan target waktu dan hasil yang berkualitas, sarana yang digunakan adalah property double decker yang diatasnya berisi botol air dan dibawahnya berisi bola tenis.

 

jasa-event-organizer

 

Botol diibaratkan produk yang dibutuhkan oleh customer dan bola dibawahnya adalah standar kualitas, bila bola ini jatuh artinya produk dianggap reject, double decker dipegang oleh seluruh peserta menggunakan seutas tali yang di keempat sudutnya, kondisi ini sebagai ilustrasi karyawan berasal dari departemen yang berbeda harus bekerja sama secara sinergi dan fokus pada satu tujuan (komunikasi ? sudah pasti terjadi).

Jarak antara start dan tujuan dibuat cukup jauh dan sepanjang lintasan diberi berbagai penghalang, hal ini sebagai ilustrasi bahwa untuk mencapai tujuan selalu ada hambatan dalam prosesnya, oleh karena itu perlu kreatifitas dan inovasi sebagai solusinya, permainan ini nampak sederhana namun bagi Master Trainer yang mengerti business process hal ini menjadi berbobot dalam ulasan akhir.

Banyak fasilitator games mampu memberi instruksi bagaimana melakukan games, namun tidak semua mereka memiliki latar belakang trainer atau memiliki pengalaman diperusahaan dan memahami business process atau konsep manajemen lainnya, sehingga games yang dimainkan dangkal isinya, maka tidak heran bila ulasannya hanya keluar nilai pembelajaran kerjasama, komunikasi dan kekompakan, padahal itu proses bukan tujuan, komunikasi seperti apa yang tepat untuk mencapai tujuan ? apakah jenis komunikasi assertif, persuasif atau kompromi dst..

Terobosan yang dilakukan oleh Jasa Event Organizer ini benar-benar jitu, karena mampu mengubah training yang serius menjadi suasana yang fun, refresh dan baru serta penuh pemahamanan yang mudah dicerna dan di implementasikan.

Semua ini karena ulah team kreatif bersama dengan master trainer yang menggodok konsepnya di base camp mereka di :

OutboundDucation

 

Video klip di bawah ini barangkali bisa memberi gambaran lebih jelas, silahkan anda klik tautan ini :

Transformational leadership dengan Outbound

 

Jasa Event Organizer juga menyediakan artikel lain untuk memberi inspirasi saat anda merancang kegiatan:

5 ide trendy melakukan company meeting oleh Jasa event organizer Jakarta

Jasa event organizer merancang Employee Gathering yang tematik, ingin tahu?

Training dengan metode outbound oleh Jasa event organizer

 

3 thoughts on “Terobosan baru oleh Jasa Event Organizer sebagai EO Outbound di Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *